Transistor


Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya.Pada umumnya transistor memiliki 3 kaki yakni;
1.Basis (B)
2.Colektor (C)
3.Emitor (E)
Serta mempunyai 2 macam tipe, PNP dan NPN. Transistor adalah komponen yang sangat penting dalam dunia elektronik modern. Dalam rangkaian analog, transistor digunakan dalam amplifier (penguat). Rangkaian analog melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil, dan penguat sinyal radio. Dalam rangkaian-rangkaian digital, transistor digunakan sebagai saklar berkecepatan tinggi. Beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai logic gate, memori, dan komponen-komponen lainnya.

Jenis Transistor banyak sekali diantaranya;
*Transistor bipolar.Transistor bipolar (BJT(Bipolar Junction Transistor)) adalah suatu jenis transistor, alat penguat atau pemilih yang dibuat dari semikonduktor yang induksi gabungan dari bagian yang diinduksi secara berbeda, bisa NPN atau PNP. N berarti negatif, dan P berarti positif.

*Transistor Unipolar
#Transistor efek medan / FET? (Field Effect Transistor)
Terdiri dari JFET kanal N dan JFET kanal P.
#Transistor MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field-Effect Transistor).Terdiri dari MOSFET kanal N dan MOSFET kanal P.
MOSFET, adalah jenis transistor yang bekerja dengan adanya modulasi dari medan listrik di dalam bahan semikonduktor. Antara FET dan MOSFET tidak ada perbedaan, hanya yang membedakan:
1.Adanya lapisan S1O2 yang mambatasi gate dan channel.
2.Arus listrik yang masuk sangat kecil sekali.